Rabu, 30 Mei 2018

Pembuatan pizza

Istilah pizza pertama kali tercatat pada abad ke 10, dalam sebuah manuskrip Latin dari kota Gaeta di Italia Selatan, di perbatasan dengan Campania. Pizza modern ditemukan di Naples, sejak saat itu hidangan dan variannya menjadi populer dan umum di banyak wilayah di dunia.
Saat ini pizza adalah salah satu makanan yang paling terkenal dan populer di dunia dan menjadi makanan cepat saji yang umum di Eropa dan Amerika Utara. Banyak restoran atau warung makan, kafe, dan rumah makan cepat saji menawarkan pizza. Baik untuk makan di tempat ataupun layanan pesan antar.
Cara membuat pizza 1. Cara membuat pizza tanpa oven Tepung terigu protein sedang 1/2 kg Fermipan 5 gr Minyak sayur 3 sdm Garam 1/2 sdt Gula pasir 2 sdm Air 250 ml Saus tomat secukupnya Keju mozarela secukupnya (dipotong-potong) Bawang bombay 2 buah (dicincang halus) Bila Anda suka, bisa jugamenggunakan topping berikut : ikan tuna, sosis, bakso, daging asap (ham), ayam, dsbSiapkan wadah, lalu masukkan: tepung terigu, fermipan, gula pasir, garam dan minyak sayur , aduk dan campur sampai merata. Sambil menguleni tepung, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga terbentuk menjadi adonan. Tutup wadah dengan kain, dan biarkan dulu adonan di dalamnya. Siapkan wajan, lalu tumis bawang bombay sampai berbau harum, tambahkan topping sesuai selera Anda ke dalam tumisan. Masukkan secukupnya saus tomat dan saus cabai. Adonan yang telah cukup lama didiamkan lalu digilas agar berbentuk pipih. Tentukan ketebalan adonan roti sesuai selera Anda. Makin tipis adonan, maka makin renyah rasanya. Siapkan wajan teflon, kemudian panaskan dan cairkan 1 sdm mentega. Letakkan adonan pizza diatas wajan, taburi dengan keju mozarella. Selama memasak, tutupilah wajan dengan penutupnya, agar benar-benar matang dan keju mencair dengan sempurna. Pizza teflon siap dihidangkan. 2. Cara membuat pizza miniTepung terigu protein sedang 300 gr Gula pasir 20 gr Air es 200 ml Minyak goreng 25 gr Ragi instan 1 sdt Garam 1 sdt Ayam cincang 100 gr taburi dan uleni dengan sdt garam Paprika hijau buah ,potong kotak-kotak Sosis ayam 2 batang, potong kotak-kotak kecil Keju mozarella 150 gr, parut kasar Tepung terigu protein sedang 3 sdm Bawang bombay siung, cincang halus Keju 25 gr, parut Susu cair 250 ml Margarin 2 sdm Garam sdt Merica bubuk sdt Pala bubuk sdt Siapkan wadah, kemudian masukkan tepung terigu, ragi instant dan gula pasir lalu aduk hingga tercampur rata. Tuangkan air es sedikit demi sedikit, sambil menguleni adonan hingga menjadi kalis. Tambahkan garam dan minyak goreng, lalu uleni adonan hingga menjadi elastis. Diamkan dulu selama kurang lebih 30 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar