Kamis, 31 Mei 2018

Proses Pembuatan selai pepaya

Bahan-bahan:

  • 1 buah pepaya yang sudah matang
  • Air dingin  
  • Gula pasir secukupnya
  • Air hangat
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Belah buah pepaya matang menjadi dua bagian. Lalu, keluarkan semua biji yang ada di dalamnya hingga benar-benar bersih. Selanjutnya, potong-potong kecil menggunakan pisau dan bersihkan dengan air bersih hingga getah pepaya sudah tidak ada lagi.
  2. Langkah selanjutnya, rendam buah pepaya yang sudah dipotong tadi ke dalam panci yang sudah diisi dengan air hangat. Tambahkan garam secukupnya. Lalu, diamkan selama 5 menit.  
  3. Apabila sudah direndam, angkat buah pepaya tadi lalu tiriskan sampai tidak ada air rendaman yang menetes lagi. Jika sudah kering, Anda parut atau blender buah pepaya tadi dan letakkan di dalam panci untuk dimasak. Saat memasak buah pepaya, Anda tambahkan gula pasir secukupnya (sesuai selera). Selai tentunya akan terasa enak saat disajikan dengan rasa yang manis.
  4. Masak selai buah pepaya dengan api yang sedang sembari diaduk terus. Anda harus tetap mengaduk agar selai yang sedang dimasak tidak menggumpal dan bisa matang secara merata. Jika selai sudah berubah warna menjadi cokelat dan mengental, maka saatnya untuk Anda mengangkat selai tersebut.
  5. Selanjutnya dinginkan selai terlebih dahulu. Apabila sudah dingin, tuangkan pada toples kaca kedap udara. Pastikan jika toples tersebut memang tertutup agar selai bisa awet dalam waktu yang lama. Sekarang, Anda bisa mengoleskan selai lezat ini pada roti atau makanan lain sehingga rasanya akan semakin lezat dan menggugah selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar